Toko Ayu Collection menjual berbagai jenis pakaian dan aksesoris. Salah satu cara untuk menjaga kepuasan pelanggan adalah dengan menjaga stok barang agar tidak ada barang yang kosong. Penjual harus menganalisis data barang mana yang laris dan data barang mana yang tidak laku, berdasarkan data laporan penjualan. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan salah satu teknik dalam data mining yaitu algoritma K-Means Clustering. Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu Ayu Collection, sebuah toko di Kota Blora yang menjual pakaian dan aksesoris, mengklasifikasikan data penjualannya untuk memaksimalkan pengelolaan stoknya. Variabel yang digunakan adalah nama barang, data barang masuk, data barang keluar, dan stok barang. Pemilik toko bisa melihat hasil pengelompokan baju dan aksesoris yang laris manis dan kurang laris. Oleh karena itu, jika ada produk rendah penjualannya, pemilik toko dapat mencari alternatif lain agar pakaian dan aksesoris yang kurang laku dapat dijual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan pemilik toko Ayu Collection dengan tingkat Akurasi sistem mencapai 83,33%.
Copyrights © 2022