Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Jetri, Volume 20, Nomor 1, Agustus 2022

ANALISA JATUH TEGANGAN PADA MASS RAPID TRANSIT (MRT) JAKARTA ANALISA JATUH TEGANGAN PADA MASS RAPID TRANSIT (MRT) JAKARTA

Rizka Shafira (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti)
Chairul Gagarin Irianto (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti)
Ishak Kasim (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Salah satu permaslahan di Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta karena terjadinya penurunan tegangan pada saluran catu daya yang dapat menyebabkan penurunan kecepatan kereta, gangguan kualitas daya dan kerusakan peralatan listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti seberapa besar terjadinya jatuh tegangan dan mendapatkan jarak optimal gardu traksi MRT Jakarta. Pada penelitian menggunakan metode perhitungan jatuh tegangan yang terjadi pada MRT. Hasil dari penelitian ini didapatkan jatuh tegangan tertinggi berada pada gardu traksi antara Cipete Raya – Sisingamangaraja yaitu 202,3 VDC atau 13,5% dan untuk penempatan jarak gardu traksi ideal adalah ±2 km dengan tegangan jatuh maksimal 92,5 VDC atau 6,2% dari batas maksimum jatuh tegangan sebesar 10% yang telah di tetapkan oleh Standar Perusahan Listrik Negara (SPLN 1:1995).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jetri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy

Description

Jetri is a scientific journal aims to publish high quality and up to date articles in electrical engineering field. Its scope includes (but not limited to): - Power Systems: nonrenewable and renewable energy power generation, power transmission and distribution, power conversion, protection system, ...