Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain

PERANCANGAN RE-BRANDING OIKIO SURABAYA

Mohammad Hafil Pratama (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa timur)
Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian (Unknown)
Mahimma Romadhona (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

PERANCANGAN RE-BRANDING OIKIO SURABAYA. Oikio merupakan camilan yang berbahan utama olahan kacang almond yang diproduksi oleh UD.  Pawon Kue yang berada di Surabaya. Produk Oikio merupakan produk homemade yang dibuat langsung oleh sang pemilik yaitu Bu Choirul Mahpuhduah yang selalu menjaga kualitas dan kehigienisannya. Pada tahun 2014, Bu Choirul ingin mendaftarkan merek dengan nama Pawon Kue, nama sebelum Oikio. Namun, nama tersebut ternyata sudah digunakan dengan jenis usaha yang sama. Akhirnya, beliau mengganti nama dengan Oikio. Dengan kondisi yang tergesa-gesa, Bu Choirul membuat sendiri logo Oikio yang baru. Namun logo yang telah dibuat kurang mewakili makna dan karakter Oikio sebagai produk camilan. Karena itu, perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan awarness terhadap Oikio yang sudah berganti nama dari Pawon Kue, dengan membuat ulang logo dan media pengaplikasiannya. Perancangan ini menggunakan medote TOWS yang bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan dan kesempatan (strength and opportunity) brand Oikio dari dalam (internal) dan untuk memperbaiki dan mencari solusi dari kelemana dan ancaman (threat and weaknesess) dari luar (eksternal).Kata kunci: re-branding, Oikio

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seni

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain was published by Faculty of Art and Design Trisakti University in 2016. This journal is published regularly 2 (two) times a year, every April and October. Articles in Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain include knowledge, studies, research, intellectual ...