Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas III SDNegeri 4 Srikaton setelah diterapkan media bianglala secara signifikan tuntas dan aktif.Penelitian yang dilakukan disini adalah jenis penelitian eksperimen berbentuk one grouppre-test dan post-test design. Penelitian ini penulis lakukan di SD Negeri 4 Srikaton.Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Siswa Kelas III di SDNegeri 4 Srikaton, disini peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada sampelini merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam pengumpulandata yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik tes yang berupa soal, dan observasi.Dengan hasil perhitungan diperoleh (15,24) > (1,64), sehingga dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian inidapat diterima kebenarannya, artinya media pembelajaran bianglala dapat menuntaskanhasil belajar dan meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika kelas IIISD Negeri 4 Srikaton.
Copyrights © 2021