Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

Penerapan Model Pembalajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Remayu

Anggreani, Yelpi (Unknown)
Fahrur Rozi, Zico (Unknown)
Sofiarini, Andriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Remayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri Remayu, teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik analisis data dengan langkah-langkah uji normalitas dan uji z. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui hasil tes awal (pretest ) dengan nilai rata-rata 38,28 dan tes akhir (posttest) dengan nilai rata-rata 62,37 hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir (posttest) lebih besar dari pada tes awal dengan selisih nilai 24,09. Setelah dihitung dengan menggunakan uji z diperoleh nilai zhitung = 0,78 dan ztabel = 0,4265 atau nilai zhitung ≥ ztabel. Maka dapat diartikan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Remayu tahun ajaran 2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...