Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran PPKn selama pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit. Jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tak berstruktur dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis kemudian dibandingkan dengan kriteria untuk menentukan tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di Masa Pandemi Covid-19. Kemandirian siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit mencapai skor 68,4% pada kategori Cukup Mandiri. Terdapat dua indikator kemandirian belajar siswa yang masih berada kategori cukup, yakni : 1) kerja keras dan 2) tanggung jawab. Sementara rerata skor tertinggi terdapat pada indikator rasa ingin tahu mencapai skor 81.
Copyrights © 2022