Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

Kemandirian Belajar Siswa Kelas 5 SDN 101835 Sibolangit dalam Pembelajaran PPKN di Masa Pandemik COVID 19 T. A 2021/2022

Bukit, Servista (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran PPKn selama pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit. Jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tak berstruktur dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis kemudian dibandingkan dengan kriteria untuk menentukan tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di Masa Pandemi Covid-19. Kemandirian siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit mencapai skor 68,4% pada kategori Cukup Mandiri. Terdapat dua indikator kemandirian belajar siswa yang masih berada kategori cukup, yakni : 1) kerja keras dan 2) tanggung jawab. Sementara rerata skor tertinggi terdapat pada indikator rasa ingin tahu mencapai skor 81.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...