Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tuntasnya rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Campursari. Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan “Apakah setelah diterapkan model pembelajaran Probing-Promting pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Campursari Signifikan tuntas?”. Metode penelitian yang digunakan berbentuk metode eksperimen semu dengan desain one grup pre-test and post-test design. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Campursari yang berjumlah 18 siswa atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berjumlah 9 soal. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji z dengan taraf signifikan dimana Zhitung 2,03 1,64 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data post-test dapat disimulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Campursari Signifikan tuntas.
Copyrights © 2022