Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 68 Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah penelitian Eksperimen. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 68 Lubuklinggau tahun ajaran 2021-2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 24 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian menggunakan Eksperimen Semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk Esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata 79,79 dengan ketuntasan belajar (87,5%). Hasil analisis uji-z diperoleh Zhitung = 4,64 ˃ Ztabel = 1,64 yang menunjukan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 68 Lubuklinggau, setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) berada pada kategori signifikan tuntas.
Copyrights © 2022