Jurnal Trisna Riset
Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Trisna Riset

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN ( STUDI KASUS ) DI PUSKESMAS BANGSA NEGARA OGAN KOMERING ULU TIMUR

Sinta Permatasari (STIE Trisna Negara OKU Timur, Sumatera Selatan)
Ruliyansa Ruliyansa (STIE Trisna Negara OKU Timur, Sumatera Selatan)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus) Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagimana pengaruh tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Hipotesis yang digunakan adalah pengaruh tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan yang ingin diraih oleh Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur terdapat hubungan yang kuat. Tehnik pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi dokumentasi, studi keperpustakaan dan quisioner, dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil menggunakan quisioner yang dibagikan kepada 32 responden pegawai Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Jenis penelitian, yaitu bertujuan untuk memperjelas/menerangkan pengaruh dari beberapa variabel, adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur yang berjumlah 32 responden untuk menguji pengaruh dari masing-masing variabel digunakan analisis regresi linear berganda.Tujuan hasil penelitian, dari hasil pengolahan data yang dilakukan dapat diketahui bahwa regresi Y= 0,150 + 0,911 X1 + 0,126 X2 sangat signifikan dan linear artinya konstanta sebesar 0,150 menyatakan jika tidak ada tingkat kepuasan masyarakat maka pelayanan kesehatan Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur akan tetap sebesar 0,150, koefisien regresi X1 sebesar 0,911 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 poin skor tingkat kepuasan akan meningkatkan pelayanan kesehatan Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur sebesar 0,911 poin, koefisien regresi X2 sebesar 0,126 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 poin tingkat kepuasan meningkatkan pelayanan kesehatan Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur sebesar 0,126 poin. Saran/rekomendasi, Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur berkaitan dengan peningkatan tingkat kepuasan karyawan yang sesuai, tentang pelayanan kesehatan diperlukan peningkatan pelayanan yang maksimal serta pengadaan alat-alat medis yang mencukupi. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

trisnariset

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Trisna Riset adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara online enam bulan sekali. Jurnal Trisna Riset bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati ilmu di ...