Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7, No 4 (2022): Volume 7 Nomor 4, November 2022

Analisis Keefektifan Instagram Sebagai Platform E-Commerce Pada Mahasiswa di Kota Batam

Eryc Eryc (Universitas International Batam)
Dandhytya Andrea Puspa (Universitas International Batam)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan Instagram sebagai platform e-Commerce untuk pembelian produk fashion di kalangan mahasiswa di Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method, dimana data penelitian kuantitatif dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 380 mahasiswa di Batam yang aktif menggunakan Instagram. Sedangkan pada penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada 30 informan yang merupakan mahasiswa di Batam yang aktif menggunakan Instagram. Data kuantitatif dianalisis dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan software IBM SPSS Statistics 24, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik SEM menggunakan SmartPLS 3. Data kualitatif dianalisis dengan teknik kodifikasi data, kemudian data diubah ke dalam bentuk kuantitatif yang kemudian dianalisis seperti data kuantitatif. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa variabel e-WOM dan Online Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa variabel e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel Online Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beliĀ 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...