Journal of Infrastructural in Civil Engineering (JICE)
Vol 3, No 02 (2022): VOLUME 03 NO 02, JULY 2022

ANALISIS PENGARUH BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA DIMASA PANDEMI COVID-19

Yeni Widiyawati (Universitas Bandar Lampung)
Christina Dwi Sakti Ningsih (Universitas Teknokrat Indonesia)
Fera Lestari (Universitas Teknokrat Indonesia)
Galuh Pramita (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Belanja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, pakaian, barang rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, dan kebutuhan lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, internet saat ini sudah menjadi sesuatu yang sangat mudah didapatkan masyarakat, mulai dari remaja,tua, hingga dewasa. Maka tidak jarang banyak orang beralih menggunakan internet untuk membuka beberapa situs, salah satunya adalah situs belanja online. Oleh sebab itu, kemudian penulis melaksanakan studi tentang Analisis Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja dimasa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam memilih cara berbelanja baik secara konvensional maupun online yang meliputi karakteristik sosiodemografi-ekonomi konsumen dan atribut berbelanja serta menganalisis pengaruh hubungan aktivitas belanja online terhadap perilaku perjalanan belanja. Penelitian ini dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner online dan offline kepada konsumen (di propinsi Lampung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling besar pengaruhnya dalam menentukan keputusan berbelanja online yaitu: frekuensi penggunaan internet, kepemilikan kendaraan, terhadap karakteristik belanja offline. Selain itu diketahui bahwa konsumen atau pelaku belanja di propinsi Lampung hampir seluruh sampel responden pernah melakukan belanja online dan berbelanja secara konvensional serta pengaruh hubungan antara aktivitas belanja online dengan perilaku perjalanan belanja yaitu netral atau tidak mempengaruhi aktivitas perjalanan belanja sebab pelaku belanja konvensional paling sering membeli produk bahan makanan sedangkan untuk belanja online paling sering membeli produk fashion dan makanan cepat saji sehingga tidak mengurangi frekuensi perjalanan belanja dari pelakuKata Kunci: Belanja, Perjalanan, Perilaku, Pandemi, Karakteristik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jice

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development in the field of Civil Engineering including Hydraulic, Structures, Transportation and Construction of Management. The articles published in this journal can be the result of research, ...