Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 1 No. 2 (2021): Article Research Volume 1 Number 2, Desember 2021

Analisis Pemasaran Bisnis dengan Data Science : Segmentasi Kepribadian Pelanggan berdasarkan Algoritma K-Means Clustering

Mawaddah Harahap (Universitas Prima Indonesia, Indonesia)
Yusniar Lubis (Universitas Prima Indonesia, Fakultas Ekonomi, Doktor Manajemen)
Zakarias Situmorang (Universitas Katolik Santo Thomas, Fakultas Ilmu Komputer, Sistem Informasi)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Dalam makalah ini kami menyajikan analisis kepribadian pelanggan dalam membantu bisnis untuk memodifikasi produknya berdasarkan target pelanggan dari berbagai jenis segmen pelanggan sehingga menemukan pelanggan yang potensial, membuat pemasaran agar lebih efektif, melihat tren dalam perilaku pembelian pelanggan dan membuat penawaran produk yang relevan kepada pelanggan. Kerangka kerja Data Science (ilmu data) dengan metodologi CRIS-DM diterapkan untuk memberikan pemahaman bisnis, pemahaman data, analisis data dan pemodelan. Pada tahapan pemodelan diusulkan Principal component analysis (PCA) untuk pengurangan dimensial fitur, kemudian algoritma K-Means untuk segmentasi pelanggan dengan menggunakan metode ellow dan silhouette yang menghasilkan nilai k=4 yang paling optimal. Terakhir, hasil 4 cluster di analisis berdasarkan proposi, belanja, pendidikan dan tingkat keberhasilan kampanye yang disajikan secara visualisasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...