JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi)
Vol 5, No 2 (2017)

Analisis Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Madiun

Agus Cosmeadi Mendonsa (Universitas Katolik Widya Mandala Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh faktor psikologis konsumen yang meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Kota Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha dengan kurun waktu pembelian 2 tahun terakhir pada Dealer Cahya Motor dan Dealer Solo Motor. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan quota sampling. Hasil analisis data menunjukan faktor psikologis konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepada motor. Motivasi konsumen dan persepsi konsumen secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan pembelajaran konsumen dan sikap konsumen secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif terhadap keputusan pembelian sepada motor Yamaha di Kota Madiun.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jrma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JRMA) dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. JRMA mempublikasikan artikel-artikel di bidang Manajemen dan Akuntansi, penulis (author) terbuka untuk umum. JRMA terindeks dalam: Google Scholar, IPI, Indonesia ...