Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 9, No 2 (2022)

IDENTIFIKASI MORFOLOGI JENIS-JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) KOTA LANGSA

Evaronika Br Tarigan (Universitas Samudra)
Siti Fatimah (Unknown)
Sarwinda Kusuma Wardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) merupakan pasar yang terletak di daerah pelabuhan atau pangkalan ikan serta menjadi tempat transaksi penjualan ikan di pasar tersebut yang dilakukan secara lelang maupun tidak lelang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis ikan hasil tangkapan nelayan yang ditemukan di tempat pelelangan ikan (TPI) kota Langsa dan untuk mengetahui morfologi dan morfometri jenis-jenis ikan hasil tangkapan nelayan di TPI di kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan mofologi ikan yang ditemukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini, ditemukan sebanyak 10 jenis ikan yang mencakup: ikan puput (Ilisha elongata), ikan kerapu (Epinephelus), ikan talang (Scomberooides lysan) , ikan seri (Lutjanus argentimaculatus forsscal), ikan sumbo (Alepes kleinii), ikan kirung (Terapon jarbua) , ikan gulama sangge (Johnius belagerii), ikan koli (Nemipterus Japonicus), ikan rambe (Caranx Ignobilis), dan ikan remong (Lutjanus Vitta) dengan 7 famili yaitu Pristigassteridae, serranidae,carangidae, lutjanidae, Teraponidae, scianidae, nemipteridae serta dengan 9 genus yaitu Ilisha, Epinephelus, Scombiroides, Lutjanus, Alepes, Terapon, Johnius, Nemipterus, Caranx. Identifikasi morfologi yang diamati berupa mulut, betuk tubuh ikan, pola tubuh ikan, sunggut ikan, tipe sisik ikan, warna ikan, serta sirip ekor. Dari 10 jenis ikan tersebut maka peneliti mengamati morfologi dari semua jenis ikan dan juga mengukur ikan untuk mengetahui morfometri dari masing-masing jenis ikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...