Informatik : Jurnal Ilmu Komputer
Vol 18, No 1 (2022): April 2022

Klasifikasi Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi PeduliLindungi di Google Play Menggunakan Algoritma Support Vector Machine dengan Seleksi Fitur Chi-Square

Cindy Chairunnisa (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Iin Ernawati (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Mayanda Mega Santoni (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran wabah virus corona yang semakin meluas hampir di setiap negara di dunia termasuk di Indonesia telah banyak dilakukan. Salah satu upaya yang telah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini adalah membuat sebuah aplikasi bernama PeduliLindungi. Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan tracing dan monitoring lokasi penyebaran virus corona sehingga dapat menurunkan kasus corona di Indonesia. Banyak ulasan yang diberikan oleh masyarakat terhadap aplikasi ini baik yang berupa kritik maupun kepuasan. Namun, untuk mengetahui seluruh ulasan yang diberikan tidak mudah. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil sentimen masyarakat terhadap aplikasi PeduliLindungi. Analisis sentimen yang dilakukan dengan mengklasifikasikan ulasan menjadi ulasan positif dan ulasan negatif menggunakan algoritma Support Vector Machine dengan seleksi fitur chi-square. Pengumpulan data ulasan dilakukan dengan melakukan scrapping di google play dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Hasil dari klasifikasi sentimen terhadap aplikasi PeduliLindungi menghasilkan performa yang baik dan menghasilkan nilai akurasi sebesar 93%, recall sebesar 86%, precision sebesar 98%, specificity sebesar 98% dan f1-score sebesar 92%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

informatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Informatik menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada area Internet Business & Application, Networking & Cyber Security, Statistics & Computation, Elearning & Multimedia, Robotics & ...