Keberhasilan dalam mencapai pengembangan intelektual pada anak sekolah tidak lepas dari peran orang tua dalam pendampingan belajar di masa covid -19. Pembelajaran daring, orang tua berperan dalam membimbing sikap dan keterampilan serta akademik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran orang tua dalam metode daring terhadap prestasi anak di era pandemi covid-19 Siswa SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan desain kuantitatif deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1-6 SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur sebanyak 406 orang dan sampel sebanyak 80 orang, menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan google form. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa sebagian besar prestasi anak baik (83,75%) dan sebagian besar peran orang tua baik (63,7%). Hasil uji chi-square menunjukkan ada hubungan peran orang tua dalam metode daring dengan prestasi anak di era pandemi Covid-19 di SDN 03 Gedong Pagi Jakarta Timur (pvalue= 0,001). Simpulan: sebagian besar prestasi anak baik, saran: pihak sekolah perlu melakukan koordinasi dan sharing dengan orang tua (ayah dan ibu) untuk mempertahankan serta meningkatkan peran sertanya dalam kegiatan belajar mengajar.Kata Kunci : Peran orang tua, prestasi anak, pandemic covid-19.
Copyrights © 2022