JURNAL BIOEDUCATION
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Bioeducation

BUKU MONOGRAFI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBASIS POTENSI LOKAL DI LINGKUNGAN KAMPUS UIN KHAS JEMBER

Rafiatul Hasanah (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Dinar Maftukh Fajar (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Laily Yunita Susanti (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan buku monografi hasil identifikasi keanekaragaman tumbuhan berdasarkan klasifikasi ilmiah dan pengetahuan lokal, 2) Mendeskripsikan hasil kualitas monografi keanekaragaman tumbuhan berbasis pengetahuan lokal di UIN KHAS Jember berdasarkan hasil validasi dan respons mahasiswa. Jenis penelitianini yakni penelitian dan pengembangan) model ADDIE, dengan tahap evaluation tidak dilakukan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) angket validasi untuk ahli materi dan ahli media, dan (2) angket respons mahasiswa. Ahli dalam penelitian ini ada tiga yaitu 2 ahli materi dan 1 ahli desain media. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli untuk kelayakan isi sebesar 93,05%, komponen kelayakan bahasa adalah 95,83% dan komponen kelayakan grafis adalah 91,67%. Hasil tersebut menunjukkan bahawa buku monografi yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah klasifikasi mahkluk hidupĀ  pada prodi Tadris IPA FTIK UIN KHAS Jember. Hasil uji coba respons sebesar 90% dengan kriteria sangat menarik artinya buku mobografi sangat menarik untuk digunakan sebagai salah satu buku rujukan dalam belajar mata kuliah klasifikasi tumbuhan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...