Journal Islamic Pedagogia
Vol. 1 No. 1 (2021): Journal Islamic Pedagogia

Membangun Kedekatan Antara Mahasiswa dan Dosen (Analisis QS. Al-A’raf: 172)

Akhmad Faozi (Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2021

Abstract

Tujuan jurnal ini adalah untuk mendekatkan hubungan antara Dosen dan Mahasiswa sehingga menjadikan terjadinya hubungan Ruhaniyyah antara Dosen dan Mahasiswa dimana hubungan Ruhaniyyah adalah hubungan yang sangat penting. Jenis penelitian ini menggunakan objek penelitian berupa buku-buku tafsir Al-Qur’an dan literatur lainnya. Jenis penelitian pustaka ini termasuk ke dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, merujuk pendapat Silalahi (2012: 289-291) yakni ada dua jenis data yang digunakan dalam penelitian, yakni data primer dan data sekunder. Merujuk pada Pesantren, karena Pesantren didirikan dgn asas Tarbiyyah Ruhiyyah (Pendidikan Rohani, Hati ataupun Jiwa). Dasar Pesantren diciptakan untuk mendidik dengan Pendidikan Ruhaniyyah, karena Ruhaniyyah lebih kuat. Karenanya, Hubungan Santri dengan Kyai itu lebih kuat, Hubungan Sahabat dengan Kanjeng Nabi Muhammad SAW sangat kuat, Hubungan Santri dengan Kyai lebih kuat daripada Hubungan Mahasiswa dengan Dosen, lebih kuat daripada Hubungan Siswa/i dengan Guru, dikarenakan hubungan Ruh adalah hubungan yang Suci. Hubungan Ruhani ini adanya di Pesantren. Ketika berbicara Hubungan yang kuat atau Hubungan Ruhani, maka hanya Santri yang siap apapun untuk Kyai, dan Para Sahabat siap apapun untuk Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, Mahasiswa harus membangun hubungan Ruhaniyyah dengan Dosen dengan cara meniru cara bertingkah lakunya Santri kepada Kyainya di Pesantren. Dengan membiasakan mendoakan Guru/Dosen kita untuk mengundang ilmu manfaat kepada kita, sering menyebut kebaikannya, tidak menyebut kejelekannya. Pada pokoknya, adalah melakukan hal-hal yang membuatnya rela, menjauhkan amarahnya dan menjunjung tinggi perintahnya yang tidak bertentangan dengan agama, sebab orang tidak boleh taat kepada makhluk dalam melakukan perbuatan durhaka kepada Allah Maha Pencipta

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal Islamic Pedagogia (JIP) is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Indonesia. We invite scientists, ...