Jurnal Amal Pendidikan
Vol 3, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022

Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampun Dasar Matematika Siswa

Sunggiarti Sunggiarti (Universitas Halu Oleo)
Jafar Jafar (Universitas Halu Oleo)
Latief Sahidin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

kemampuan dasar matematika (KDM )  siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII3 yang masing-masing subjek mempunyai KDM tinggi, sedang, dan  rendah. Penentuan subjek berdasarkan hasil TKDM. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan dasar matematika (TKDM), tes pemecahan masalah matematis (TPMM) serta wawancara, adapun pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, tahapan pemecahan masalah matematis siswa: (1) tahap memahami masalah, SKT  dan SKS dapat menuliskan unsur-unsur yang diketahui  dan yang ditanyakan dengan lengkap. Sedangkan, SKR hanya menuliskan sebagian. (2) tahap merencanakan pemecahan masalah, SKT dan SKS dapat menuliskan sebagian rumus dari unsur yang diketahui dan unsur-unsur yang ditanyakan untuk menyelesaikan soal. Sementara, SKR sama sekali tidak dapat menuliskan (3) tahap melaksanakan rencana, SKT dengan tepat mensubtitusi informasi ke dalam rumus yang telah ditentukan. Sedangkan SKS kurang tepat mensubtitusi dan SKR tidak mensubtitusi (4) Tahap melihat kembali, SKT menuliskan caranya sendiri dalam memeriksa kembali hasil pekerjaan. Sedangkan, SKS dan SKR tidak menuliskan caranya sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...