KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 3 (2022): KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat

Peran Guru Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C

Paulinus Tibo (STP St. Bonaventura Delitua Medan)
Ona Sastri Lumban Tobing (STAKat Negeri Pontianak)
Yesica Turang Brutu (STP St. Bonaventura Delitua Medan)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Riset ini bertujuan mengetahui peran guru mengembangkan interaksi sosial anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C Karya Tulus Tuntungan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif, melalui cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guru Pendidikan Agama Katolik, wakil kepala sekolah, wali kelas, dan siswa berpartisipasi sebagai informan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai demonstran dalam mengembangkan keterampilan interaksi sosial anak penyandang distabilitas dilakukan secara khusus, sebelum melakukan proses pembelajaran, guru menyiapkan rencana proses pembelajaran dan menguasai materi materi. Guru sebagai pengelola kelas mampu mengatur ruang kelas dengan kursi yang dirancang untuk membuat siswa merasa nyaman. Sebagai pemandu dalam proses pembelajaran, guru mengelompokkan siswa dan menugaskan proyek kelompok untuk membina kerja sama di antara mereka. Selain sebagai evaluator, guru memberikan reward sebagai bentuk apresiasi kepada siswa dan untuk meningkatkan minat belajarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kangmas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan tiga kali dalam satu tahun. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan pengabdian ...