Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS
Vol 4 No 02 (2022): November

Perancangan Sales Prediction Model Menggunakan Metode Neural Network

Kristiawan Nugroho (Program Studi Magister Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank)
Wiwien Hadi Kurniawati (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank)
Raden Mohamad Herdian Bhakti (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Datamining merupakan fenomena penting pada bidang ilmu teknologi informasi yang telah membantu manusia pada berbagai bidang kehidupan. Datamining merupakan bidang ilmu yang menarik untuk diteliti apalagi pada saat ini dimana Big Data yang dihaslilkan dalam berbagai kehidupan manusia mempunyai volume yang sangat besar namun kurang memberikan arti bagi kehidupan. Penelitian datamining mengenai sales prediction memberikan kontribusi positif bagi para pengambil keputusan dalam melakukan prediksi penjualan barang yang dilakukan secara online berdasarkan beberapa fitur antara lain usia,jenis kelamin,minat,impresi maupun jumlah uang yang dibelanjakan. Penelitian ini berkontribusi dalam membangun sebuah model regresi sales prediction menggunakan metode Neural Network yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan untuk menjual jenis produk yang diminati berbagai macam segment pada toko online. Metode Neural Network yang merupakan salah satu metode yang bekerja berdasar pola berpikir syaraf manusia terbukti memberikan hasil terbaik dalam membangun model sales prediction dibandingkan metode Random Forest dan AdaBoost. Sales prediction model menggunakan Neural Network menunjukkan hasil kinerja yang diukur dengan Mean Squared Error (MSE) sebesar 0.831, Root Mean Square Error (RMSE) sebesar 0,911 dan Mean Absolute Error (MAE) sebesar 0,650.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu Mei dan November yang berisi hasil pemikiran dan penelitian pada bidang Ilmu Komputer dan Informatika, dnegan fokus dan ruang lingkup: 1. ilmu komputer: Artificial Intelligence, Machine Learning, ...