Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 8 No. 2 (2022)

Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Prosedur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VII SMPN Satu Atap Punaga Kabupaten Takalar

Rosmianti (Univeraitas Muhammadiyah Makassar)
Munirah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abd. Rahman Rahim (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototipe, membuktikan validitas, membuktikan kepraktisan, dan mengetahui efektivitas bahan ajar interaktif menulis teks prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Models). Subjek penelitian yakni Validator ahli materi, validator praktisi, guru, kepala sekolah, dan peserta didik kelas VII. Teknik analisi data pada penelitian ini : prototipe, analisis validasi, analisis kepraktisan, analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prototipe yang dihasilkan yakni defenisi teks prosedur, sruktur teks prosedur, unsur kebahsaan teks prosedur, jenis-jenis teks prosedur, langkah-langkah menyusun teks prosedur, contoh-contoh teks prosedur secara kontekstual, tugas mandiri dan tugas kelompok, tes formatif. Modul interaktif menulis teks prosedur dinyatakan valid. Modul interaktif menulis teks prosedur dinyatakan parktis. Modul interaktif menulis teks prosedur dinyatakan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...