Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 3, No 2 (2022): J-P3K AGUSTUS

Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Psikologi Terhadap Prestasi Belajar Metodelogi Riset Eksperiment (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Psikologi Semester VI Universitas Medan Area)

Nafeesa Nafeesa (Universitas Medan Area)
Erlina Sari Siregar (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Motivasi merupakan salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan belajar siswa. Tanpa adanya motivasi, proses belajar akan sulit untuk mencapai keberhasilan yang optimal. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Eksperimental. Penelitian deskriptif korelasi ini dilakukan sebagai studi kasus pada mahasiswa psikologi semester VI dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pengaruh motivasi mahasiswa terhadap penelitian terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Metodologi Penelitian Eksperimental. Jumlah mahasiswa semester IV Universitas Medan Area-Medan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket dari variabel motivasi belajar dan juga hasil tes siswa sebagai variabel rata-rata prestasi belajar siswa. Hasil pengolahan data melalui perhitungan statistik dan korelasi rata-rata, diperoleh melalui penggunaan SPSS 16.0. Data menunjukkan interpretasi tingkat reliabilitas tinggi, besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Eksperimental dan Metodologi Penelitian sebesar 48,1%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...