Jurnal Akuntansi Kompetif
Vol 5 No 3 (2022)

PENGARUH PERTUMBUHAN LABA BERSIH, PIUTANG USAHA DAN UTANG LANCAR DALAM ARUS KAS OPERASI DI MASA DEPAN (Studi Kasus di Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020)

Teti Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Acep Suherman (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Tina Kartini (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Pertumbuhan Laba Bersih, Pertumbuhan Piutang Usaha dan Pertumbuhan Hutang Lancar terhadap Arus Kas Operasi di Masa Mendatang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan Laba Bersih, Pertumbuhan Piutang, Pertumbuhan Hutang Lancar dan Arus Kas Operasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 sebanyak 12 perusahaan dan diambil sampel laporan keuangan sebanyak 60. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel terikatnya adalah arus kas operasi, sedangkan variabel bebasnya adalah pertumbuhan laba bersih, pertumbuhan piutang usaha, dan pertumbuhan utang lancar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan laba bersih tidak berpengaruh terhadap arus kas operasi dimasa yang akan datang dengan hasil uji t sebesar 0,337 dengan tingkat signifikan sebesar 0,737. Pertumbuhan piutang usaha tidak berpengaruh terhadap arus kas operasi masa depan dengan hasil uji t sebesar -1,781 dengan tingkat signifikan 0,080. Pertumbuhan utang lancar berpengaruh signifikan dengan hasil uji t sebesar 2,668 dengan tingkat signifikan 0,010. Sedangkan secara simultan pertumbuhan laba bersih, pertumbuhan piutang usaha dan pertumbuhan utang lancar berpengaruh signifikan terhadap arus kas operasi masa depan dengan hasil uji f sebesar 3,208 dengan signifikansi 0,030. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan laba bersih, pertumbuhan piutang usaha dan pertumbuhan utang saat ini memiliki pengaruh sebesar 14,7% terhadap arus kas operasi di masa yang akan datang sedangkan 85,3% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini oleh penulis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

akuntansikompetif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Kompetif (Online ISSN: 2622-5379) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in January and July. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications and reviews of account ...