JURNAL ILMIAH MIMBAR DEMOKRASI
Vol 22 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 22 No. 1 Oktober 2022

Pengaplikasian pembelajaran E-learning Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan V-class Universitas Lampung

Nurhayati (universitas lampung)
Yunisca (Unknown)
Devi Sutrisno (Unknown)
Bercah (Unknown)
Rahmad Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Virtual Class (V-Class) merupakan media pembelajaran yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa di Universitas Lampung dengan system e-learning atau berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran menjadi lebih interaktif, efektif, dan efesien di masa pandemic sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi media pembelajaran V-class Universitas Lampung sebagai wujud dari aplikasi metode pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan yang diterapkan di Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data kuesioner serta analisis data menggunakan presentase sederhana. Adapun jumlah responden yaitu 622 mahasiswa Universitas Lampung. Hasil yang didapat disajikan dan dideskripsikan dalam bentuk tabel distribusi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi penggunaan media pembelajaran Vclass memberikan pengaruh pada pengaplikasian metode pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah pendiidkan kewarganegaraan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scientific Journal of Pulpit of Democracy is a forum for publication of the field of Social-Political, Legal, and Educational Sciences in the form of theoretical studies, research results, and related scientific papers. First published in 2001, with frequencies published 2 times a year in October ...