Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah
Vol 16, No 2 (2020): Desember

Fungsi Seksual Wanita Menopause yang Melakukan Orhiba Kombinasi Kegel Exercise: Studi Pengukuran Skor FSFI

Luh Ari Arini (Universitas Pendidikan Ganesha, Jalan Udayana No.11, Banyuasri, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81116)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Wanita menopause sering mengalami keluhan pada fungsi seksualnya, untuk mengatasi itu dapat dilakukan senam orhiba kombinasi dengan kegel. Tujuan penelitian, untuk mengetahui fungsi seksual wanita menopause yang melakukan orhiba kombinasi kegel exercise. Metode penelitian menggunakan post test kontrol only group design dengan total 54 responden. Dari hasil analisis data menggunakan independent- t test, taraf kemaknaan α = 0.05, didapatkan hasil P=0.000, menunjukan bahwa ada peningkatan fungsi seksual antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi (orhiba maupun kombinasi dengan kegel).Wanita menopause wajib melakukan kombinasi senam orhiba dan kegel secara rutin dan teratur, untuk mendapatkan fungsi seksual yang lebih baik saat masa menopause.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah published since June 2005 with ISSN 1858-0610 (print), ISSN 2477-8184 (online) by STIKES Aisyiyah Yogyakarta. Since March 2016 Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah publish by Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah ...