Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah
Vol 14, No 1 (2018): Juni

Faktor risiko mempengaruhi kejadian Diabetes mellitus tipe dua

Nur Isnaini (Departement of Nursing, Faculty of Health Science, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jawa Tengah Indonesia)
Ratnasari Ratnasari (Departement of Nursing, Faculty of Health Science, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jawa Tengah Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2018

Abstract

Pasien Diabetes Mellitus dapat hidup normal dengan mengendalikan faktor risiko. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko Diabetes Mellitus tipe dua. Desain studi non-eksperimental, atau juga bisa disebut dengan observasional, menggunakan desain penelitian cross-sectional. Populasi adalah warga yang berada di wilayah kerja Puskesmas I Wangon. Teknik purposif sampel sebanyak 106 orang dengan pembagian 53 kasus dan 53 kontrol. Analisa data menggunakan uji chi-square. Faktor risiko yang terbukti berpengaruh dengan DM tipe dua di Puskesmas I Wangon adalah faktor genetik dengan keluarga DM (OR=10,938), pola makan tidak sehat, umur ≥45 tahun, IMT obesitas, dan tingkat pendidikan rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah published since June 2005 with ISSN 1858-0610 (print), ISSN 2477-8184 (online) by STIKES Aisyiyah Yogyakarta. Since March 2016 Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah publish by Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah ...