Variance : Journal of Statistics and Its Applications
Vol 4 No 1 (2022): VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMBELIAN SECARA ONLINE DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING - PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS)

Yonlib Weldri Arnold Nanlohy (Program Studi Statistika FMIPA Universitas Pattimura)
Rensya Siwalette (Program Studi Statistika, Universitas Pattimura)
Salmon N. Aulele (Program Studi Statistika, Universitas Pattimura)
Ronald J. Djami (Program Studi Statistika, Universitas Pattimura)
Arlene H. Hiariey (Program Studi Statistika, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi, komunikasi, dan informasi yang sangat pesat terjadi di kalangan masyarakat, menyebabkan salah satu fungsi internet sekarang ini yaitu berbelanja, meningkat. Berbelanja secara online kini sudah menjadi aktivitas yang lumrah dan sering terjadi di masyarakat moderen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembelian secara online di Kota Ambon menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) yang melibatkan tiga faktor yaitu kepercayaan, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian. Pada penelitian ini, data tersebut diproses atau dianalisis menggunakan metode SEM yang merupakan salah satu metode statistik yang digunakan dalam studi kasus peneliti yaitu untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian secara online. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan variabel laten, maka peneliti menggunakan metode SEM-PLS dengan data yang dipakai berupa data primer yang diambil melalui penyebaran kuesioner pada Google Form yang melibatkan 100 responden di kalangan masyarakat yang pernah berbelanja secara online. Dengan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan metode analisis SEM-PLS, ditunjukkan bahwa semua indikator yang digunakan telah valid dan reliabel dalam mengukur variabel laten, dilihat berdasarkan hasil analisis yaitu pemodelan pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen yang menghasilkan model struktural yaitu Hal ini menunjukkan bahwa variabel indikator tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif terhadap variabel laten keputusan pembelian sebesar 0,512 atau 51,2 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

variance

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Statistik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura, Ambon. Jurnal ini diterbitkan 2 kali pada bulan Juni dan ...