JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia
Vol 4 No 2 (2022): Agustus

The Customer Profiling berdasarkan Model RFM dengan Metode K-Means pada Institusi Pendidikan untuk menunjang Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Luh Putu Wiwien Widhyastuti (Universitas Pendidikan Ganesha)
I. N. Sukajaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
Kadek Yota Ernanda Aryanto (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Idealnya sebuah perguruan tinggi harus bisa beradaptasi untuk tetap membuat bisnisnya bertahan dan berkelanjutan dalam situasi apapun, seperti pandemi saat ini yang berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan seperti perguruan tinggi X di Denpasar, Bali. Berdasarkan data pada bagian pemasaran di perguruan tinggi X, terdapat penurunan jumlah penerimaan mahasiswa baru jika dibandingkan saat kondisi normal dengan saat pandemi berlangsung serta belum teridentifikasinya profil kelompok pelanggan potensial di perguruan tinggi tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan identifikasi karakteristik pelanggan potensial / customer profiling pada perguruan tinggi X sehingga dapat diketahui kelompok pelanggan potensial pada perguruan tinggi X. Customer profiling dilakukan dengan Model RFM (Recency, Frequency, Monetary) dan metode data mining, yaitu K-Means terhadap data transaksi mahasiswa selama tahun 2019 - 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil karakteristik pelanggan yang ada pada perguruan tinggi X dan mendapatkan rekomendasi strategi pemasaran di masa mendatang berdasarkan hasil profiling tersebut. Berdasarkan hasil analisis didapatkan karakteristik dari empat (4) kelompok profil pelanggan pada Perguruan Tinggi X, yaitu “Sangat Potensial”, “Potensial”, “Netral” dan “Tidak Potensial”. Kemudian didapatkan juga rekomendasi strategi pemasaran yaitu strategi retensi untuk kelompok “Sangat Potensial” dan “Potensial”, strategi Up Sell untuk kelompok “Sangat Potensial”, “Potensial” dan “Netral”, strategi Cross Sell untuk kelompok “Sangat Potensial”, “Potensial” dan “Netral” serta strategi promosi untuk seluruh kelompok pelanggan di Perguruan Tinggi X.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtim

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Cakupan dan ruang lingkup JTIM terdiri dari Databases System, Data Mining/Web Mining, Datawarehouse, Artificial Integelence, Business Integelence, Cloud & Grid Computing, Decision Support System, Human Computer & Interaction, Mobile Computing & Application, E-System, Machine Learning, Deep Learning, ...