Indonesian Journal of Hospital Administration
Vol 5, No 1 (2022)

Quality of Working Life Berhubungan Dengan Quality of Life pada Perawat

Bowo Winarno (Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Yogyakarta, Indonesia)
Arantika Meidya Pratiwi (Program Studi Kebidanan, Fakultas Ilmu ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Yogyakarta, Indonesia)
Fatma Siti Fatimah (rogram Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Latar belakang: Peningkatan jumlah pasien terinfeksi Covid-19 menjadikan tugas tenaga kesehatan semakin bertambah, khususnya yang merawat langsung pasien Covid-19. Perawat mempunyai beban yang berat dalam kondisi seperti ini. Di satu sisi perawat harus bisa memberikan pelayanan yang optimal, di sisi lain perawat haru menjaga agar kualitas hidupnya baik. Maka perlu dilakukan penenlitian pengaruh quality of working life terhadap quality of life pada perawat yang betugas di ruang Covid-19. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, adakah hubungan quality of working life dengan quality of life pada perawat di ruang Covid-19 RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Metode:  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dan melibatkan 90 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online dalam bentuk google form. Data dianalisis menggunakan uji statistik pearson correlation. Hasil: Hasil dari uji pearson correlation didapatkan Quality of working life 55,7% baik dan 43,3% kurang, quality of life 55,6% baik dan 44,4% kurang. Hasil Analisa didapatkan p value kurang dari 0,005 yaitu 0,000, dan nilai pearson correlation (r) 0,451 sehingga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara quality of working life dengan quality of life dengan keeratan kedua variabel sedang. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara quality of working life dengan quality of life pada perawat di ruang Covid 19 RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Kata kunci : Quality of working life; Quality of Life; COVID-19; Perawat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJHAA

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal of Hospital Administration (IJHAA) is the journal which will publish scientific article about research in health and hospital management. The focus of this journal is in Occupational Health and safety, Financial Management, Health Regulation and Policy, Human Resources Management, ...