Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan kontekstual agar terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK adalah : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengumpulan Data, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan, memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami saat proses belajar mengajar berlangsung, dan memberikan soal-soal latihan. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 64,9 ; 73,4 ; dan 78,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%; 70,0%; dan 76,7 %.
Copyrights © 2021