Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga tradisional sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 yang beranggotakan 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus dengan materi penelitian adalah teorema Pythagoras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan siklus 1. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pra siklus adalah 63.71 dengan ketuntasan belajar klasikal 42.85% dan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 73.28 dengan ketutasan belajar klasikal 68.57%.
Copyrights © 2022