Jurnal Ilmiah METADATA
Vol. 4 No. 1 (2022): Edisi bulan Januari 2022

PERANAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DALAM PENGEMBANGAN KARIR APARATUR SIPIL NEGARA PADA PEMERINTAH KABUPATEN NIAS SELATAN (Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No 5 Tahun 2014)

Ria Sintha Devi (Universitas Darma Agung)
Puspita Tarigan (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Dilatarbelakangi oleh masalah keterbatasan kuantitas dan kualitas sumber daya aparatur BKD, terbatasnya pemahaman terhadap konsep pengembangan karir yang objektif dan transparan, sistem politik di daerah yang berpotensi menggerus kepercayaan PNS terhadap arah pengembangan karirnya, serta tidak adanya tolok ukur yang jelas dalam pengembangan karir sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang Pelaksanaan Perencanaan Pengembangan Karir Aparatur Sipil Negara pada BKD Kabupaten Nias Selatan dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh Pihak BKD Kabupaten Nias Selatan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu analisis data yang mendeskripsikan serta menganalisis data yang diperoleh, kemudian dijabarkan dalam bentuk penjelasan yang sebenarnya, yang diawali dengan proses pengumpulan data (data collecting), penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing).Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiadaan payung hukum di bidang pengembangan karir ASN telah mengakibatkan ketidakjelasan arah pengembangan karir ASN. Proses yang berjalan selama ini hanya melibatkan unsur pengelola kepegawaian dan belum menyentuh aspirasi individu pegawai secara mendalam dan seimbang. Sedangkan hasil dari proses tersebut belum secara spesifik dirumuskan dalam suatu bentuk pedoman pengembangan. Sehingga pelaksanaan pengembangan karir PNS di BKD Kabupaten Nias Selatan belum berjalan dalam pola yang terencana dan terukur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metadata

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in education, Sains, Social, Technology and Humaniora. Focus ans Scope : Education, Management, Law, Sains, Social, Technology and ...