Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (September-Oktober 2022)

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah dan Sertifkasi Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Pendidikan)

Damita Limbu (Mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia)
Henny A Manafe (Dosen Prodi Magister Manajemen Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia)
Simon Sia Niha (3Dosen Prodi Magister Manajemen Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Kajian sebelumnya yang sesuai berperan krusial bagi kajian ilmiah. Kajian sebelumnya berperan sebagai penguat teori maupun peristiwa hubungan atau pengaruh antarvariabel. Artikel ini mengulas pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah dan sertifkasi guru terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja yang menjadi variabel intervening literature review manajemen pendidikan. Kajian ini bertujuan guna merancang hipotesis antarvariabel agar bisa dipergunakan untuk kajian berikutnya. Hasil kajian ini memperlihatkan bila: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah berdampak positif dan krusial bagi kinerja guru; 2) Lingkungan sekolah berdampak positif dan krusial bagi Kinerja Guru 3) Sertifikasi berdampak positif dan krusial bagi kinerja guru; 4) ) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah berdampak positif dan krusial bagi kepuasan kerja; 5) Lingkungan Sekolah berdampak positif dan krusial bagi kepuasan kerja; 6) Sertifikasi berdampak positif dan krusial bagi kepuasan kerja; 7) Gaya kepempinan kepala sekolah, lingkungan sekolah dan sertifkasi berdampak positif maupun krusial secara simultan bagi kinerja guru; 8) Gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah dan sertifkasi berdampak positif maupun krusial secara simultan bagi kepuasan kerja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMSI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), ISSN 2686-5238 (online) dan ISSN 2686-4916 (print), merupakan jurnal penelitian manajemen dan sistem informasi yang diterbitkan sejak tahun 2019 oleh Dinasti Publisher. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para ...