JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): JIAI (JURNAL ILMIAH AKUNTANSI INDONESIA)

ANALISIS PENERIMAAN TERHADAP MOBILE-PAYMENT DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FINANCIAL LITERACY PADA MAHASISWA DI JEMBER

Amalina Maryam Zakiyyah (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2022

Abstract

Tujuan artikel ini adalah melakukan analisis penerimaan mobile payment pada mahasiswa di wilayah Jember dengan mempertimbangkan  financial literacy sebagai salah satu variabel prediktornya. Hal ini didasari dari tingginya penetrasi internet dan tingginya adopsi e-commerce di Indonesia yang ironisnya belum diikuti oleh penggunaan layanan keuangan berbasis teknologi sebagai alat pembayarannya. Peneliti memasukkan literasi keuangan yang mampu membantu seseorang dalam pengambilan keputusan keuangan. Kuesioner yang disebarkan kepada 120 mahasiswa di Jember, disusun berdasarkan teori TAM dengan menambahkan variabel persepsi keamanan dan literasi keuangan sebagai variabel eksogen, serta niat menggunakan m-payment dan penggunaan aktual sebagai variabel endogen. Hasil analisis menemukan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan literasi keuangan tidak berpengaruh pada niat menggunakan m-payment. Namun, literasi keuangan dan perepsi keamanan secara langsung berpengaruh pada penggunaan aktual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JIAI (Indonesian Accounting Scientific Journal) is a publication of the Accounting Study Program, Faculty of Economics, University of Muhammadiyah Jember, p-ISSN: 2528-6501, e-ISSN: 2620-5432. Publications in the form of writings published periodically and have the aim as a place to accommodate ...