Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA)
Vol 5 No 1 (2022): November 2022

Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Aplikasi Rekam Medis Berbasis Website dan Whatshap Gateway

Ika Romadoni Yunita (Universitas Amikom Purwokerto)
Agus Pramono (Universitas Amikom Purwokerto)
Retno Waluyo (Universitas Amikom Purwokerto)
Suliswaningsih . (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto Jl. Letjend Pol. Soemarto Kab. Banyumas, Jawa Tengah 53127)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Rekam medis menjadi sebuah dokumen wajib harus dimiliki oleh tempat pelayanan kesehatan. Dengan adanya rekam medis menjadi pertimbangan seorang doketer untuk melakukan tindakan medis kepada pasien. Dokter XYZ membuka praktek di Patikraja, Banyumas. Rekam medis yang ada selama ini masih menggunakan kertas sehingga terdapat beberapa permasalahan yang dialami, diantaranya data rekam medis hilang serta rusak, data rekam medis lebih dari satu dan pasien tidak datang saat jadwal chek up. Untuk itu diperlukan pemanfaat teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu tujuan peneltian ini akan membuat aplikasi rekam medis berbasis website dan whatshap gateway. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu metode waterfall. Penelitian ini menyimpulkan metode waterfall dapat digunakan untuk membuat aplikasi rekam medis berbasis website dan whatshap gateway, setelah dilakukan pengujian black box secara kesuluruan kebutuhan fungsional perangkat lunak sudah berfungsi sesuai keinginan pengguna. Dengan adanya aplikasi ini mempermudah proses administrasi dan pengarsipan rekam medis secara digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inista

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA) is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) of Institut Teknologi Telkom Purwokerto with ISSN 2622-8106 , Indonesia. Journal of INISTA covers the field of ...