Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 7 No 2 (2022): Adz-Dzahab Volume 7 Nomor 2 Oktober 2022

PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, MOTIVASI SERTA PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM JAWA TIMUR)

Tri Elok Kosnia (Mahasiswa)
Clarashinta Canggih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Perkembangan persebaran Bank Syariah yang pesat didukung oleh beberapa faktor salah satunya pendidikan, hal ini dibuktikan banyaknya program studi Ekonomi Islam yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dengan ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat, positif, dan signifikan antara pemahaman materi Ekonomi Islam yang diajarkan dalam program studi Ekonomi Islam terhadap niat untuk menabung pada bank syariah. Tujuan penelitian ini guna menganalisis pengaruh pengetahuan, religiusitas, motivasi serta persepsi terhadap keputusan mahasiswa memilih Bank Syariah secara parsial dan simultan di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner serta pengolahan data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil yang didapat dalam penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa secara parsial atau simultan pengetahuan, religiusitas, motivasi serta persepsi memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Bank Syariah sebesar 97,9%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

adz-dzahab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah ...