JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING
Vol 6 No 2 (2022): JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING

SKEPTISISME PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERKELANJUTAN: PERSPEKTIF MAHASISWA AKUNTANSI

VINA KHOLISA DINUKA (POLITEKNIK NEGERI BATAM)
Diah Amalia (Politeknik Negeri Batam)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan perilaku dan faktor skeptisisme yang timbul pada mahasiswa akuntansi dalam penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian menggunakan kombinasi model/desain Sequential Exploratory. Penelitian tahap pertama menggunakan metode kualitatif dan pada tahap kedua menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian kualitatif bahwa timbul sikap skeptis mahasiswa yang akan berdampak pada penerapan PBL/PjBL dalam kurikulum mata kuliah akuntansi. Untuk norma subjektif ini tidak mempengaruhi setiap keputusan yang akan diambil karena mahasiswa memiliki kecenderungan untuk tidak meyakini lingkungan sekitarnya, sehingga persepsi lingkungan sosial tidak dapat mempengaruhi mahasiswa untuk berperilaku skeptis. Sedangkan semakin kuat keyakinan akan sulitnya untuk melakukan kuliah PBL/PjBL sehingga semakin kuat keraguan yang muncul yang akan menyebabkan tidak efektifnya pelaksanaan kuliah PBL/PjBL. Hasil penelitian kuantitatif menyatakan bahwa attitude toward behaviour dan perceived behavioural control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependennya yaitu penerapan PBL/PjBL dalam kurikulum mata kuliah akuntansi. Untuk variabel subjective norm tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel penerapan PBL/PjBL dalam kurikulum mata kuliah akuntansi.

Copyrights © 2022