EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Terhadap Kepribadian Introvert Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Nina Permata Sari (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Ririanti Rachmayanie (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Muhammad Arsyad (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Nidia Intan Larissa (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Salah satu faktor yang secara teoritis memberikan pengaruh terhadap pembentukan kepribadian individu adalah pola asuh. Penelitian ini berfokus untuk mengkaji hubungan pola asuh otoriter dengan kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 829 siswa SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan sampel 196 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dalam skala Likert, kemudian dianalisis dengan teknik analisis korelasi bivariat setelah sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas yang masing-masing diuji menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh otoriter dan harga diri secara bersama-sama dengan kecenderungan siswa untuk menjadi introvert

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...