EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Optimalisasi Pemanfaatan Sampah Anorganik Asrama Sindangsari Sebagai Bentuk Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup

Enggar Utari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Fina Melani Putri (Universitas Bosowa)
Gina Aprillita (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pendidikan lingkungan dilaksanakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Jalan Raya Palka, Sindang Sari, Pabuaran. Pendidikan lingkungan adalah proses acak yang mendorong individu untuk melindungi lingkungan untuk keberadaan jangka panjang. Pendekatan yang signifikan untuk pengelolaan sampah diperlukan mengingat meningkatnya volume sampah yang terdapat di asrama putra dan asrama putri Sindang Sari. Salah satu hal yang dapat dilakukan seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan adalah dengan memanfaatkan sampah anorganik. Penelitian penulis dilakukan dengan menggunakan metodologi tinjauan pustaka, yang melibatkan penelitian jurnal dan kepustakaan. Sumber daya perpustakaan digunakan untuk melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang didasarkan pada pustaka referensi yang ada, data sekunder, atau bukti dari literatur. Sampah anorganik dapat diubah menjadi peralatan rumah tangga, dekorasi untuk rumah, dan perlengkapan kreatif selain untuk dijual. Wadah penyimpanan makanan plastik, peralatan minum bekas, kaleng, gelas, kertas koran, HVS, dan kardus adalah beberapa contoh sampah anorganik yang dapat dibeli dan diubah menjadi barang baru. Studi ini bercita-cita untuk meningkatkan kesadaran akan nilai sampah anorganik di semua lapisan masyarakat melalui pendidikan lingkungan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...