EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Penerapan Model Siklus Belajar (Learning cycle) untuk Siswa Sekolah Dasar

Wiwit Mulyasari (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dede Margo Irianto (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dede Trie Kurniawan (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan sulitnya siswa dalam memahami pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) dan kendala dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran dan menghasilkan pembelajaran yang berbasis model Learning cycle yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman, aktivitas serta keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur dari artikel penelitian sebelumnya. Penelusuran data dilakukan dengan melakukan penelusuran di Google Scholar atau Google Cendekia dengan kata kunci Learning cycle. Hasil yang didapatkan dari hasil studi literature ini, dapat disimpulkan bahwa dengan metode Learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siwa. Bahkan dari hasil yang dikaji dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...