EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Erna Yuniasih (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Agnes Herlina Dwi Hadiyanti (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Ehsan Zaini (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA melalui menerapkan model project based learning. Keterampilan proses yang diukur pada penelitian ini adalah observasi, eksperimen, komunikasi, prediksi dan menyimpulkan. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada dua kali pembelajaran. Tahap setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penilaian keterampilan proses dilakukan melalui kegiatan wawancara dan observasi sedangkan penilaian hasil belajar menggunakan tes pada setiap akhir pembelajaran. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Cangkringan 1 tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan dengan menerapkan model project based learning. Hasil keterampilan proses IPA prasiklus sebesar 43,38%, siklus 1 sebesar 69,83% dan siklus II sebesar 85,14%. Hasil belajar IPA pada prasiklus sebesar 35,29%, siklus 1 sebesar 88,23% dan siklus II mencapai 100%. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...