Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2022 - November 2022)

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SENAM KREASI MELAYU JAMBI PADA SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI

Aji Setiawan (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Ilham Ilham (Universitas Jambi, Indonesia)
Hary Soedarto Harjono (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

Melakukan aktivitas olahraga mempunyai banyak tujuan diantaranya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satunya yaitu olahraga senam. Senam merupakan olahraga yang sangat bagus untuk tubuh dan kebugaran jasmani seseorang jika kita melakukan olahraga tersebut dengan benar. Ada banyak berbagai macam senam salah satunya senam kreasi, senam yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam kreasi bisa memakai musik apa saja tanpa harus keterikatan dengan satu musik. Penulis ingin mengembangkan kembali salah satu sebuah senam kreasi daerah jambi, di karenakan senam sebelumnya dalam segi musik dan gerakan masi kurang kompak dan kurang menarik sehingga kurang memicu semangat dan minat siswa. Maka dari itu penulis mencoba mengembangkan senam kreasi pada produk awal yang akan dikembangkan lagi menjadi Senam Kreasi melayu jambi untuk siswa/I sebagai bahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa pengembangan video pembelajaran Senam Kreasi melayu jambi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ada model Pengembangan Borg & Gall. Validasi dilakukan oleh validator materi dan validator media. Subjek Penelitian adalah siswa/I SMA N 12 Kota Jambi Jambi dengan jumlah 10 orang subjek uji coba kelompok kecil dan 15 orang uji coba kelompok besar. Data hasil validasi dan tanggapan subjek uji coba dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validator media dan validator materi menyatakan pengembangan video pembelajaran senam kreasi melayu jambi cukup baik dengan skor 66% dan 82%. Adapun hasil implement adalah subjek uji coba skala kecil dan kelompok besar menyatakan video pengembangan baik dan sangat baik dengan skor 90% dan 89%. Tahapan evaluate menghasilkan video pengembangan yang baik. Berdasarkan hasil semua tahapan Borg & Gall tersebut maka disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran sangat baik. pengembangan video pembelajaran dapat digunakan oleh siswa/i SMAN 12 kota jambi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...