Keadaan masyarakat Bangsa Indonesia yang sedang terpuruk akibat adanya pandemi Covid 19, membutuhkan suatu motivasi agar kembali bersemangat dalam menghadapi realitas kehidupan. Sebelum Corona Virus mulai mewabah, McDonald’s Indonesia sebagai salah satu restoran cepat saji sering membagikan pesan penuh motivasi kepada target konsumennya. Salah satu usahanya adalah dengan menyampaikan pesan tersebut melalui iklan “Selalu Ada Cara Untuk Wujudkan Harapan”. Dalam iklan ini McDonald’s Indonesia terdapat tanda baik itu melalui ikon, indeks dan simbol yang mengarah kepada representasi Optimisme. . Berdasarkan analisis semiotika ditemukan bahwa McDonald’s berusaha merepresentasikan ideologi optimisme dalam komunikasi pemasaran produk Prosperity Burgernya. Hal ini terlihat dalam penggunaan tanda serta lambang yang merupakan faktor positif seseorang dalam meraih harapan dan kesuksesan. Tanda dan lambang dalam iklan ini mengarah kepada tiga aspek optimisme yaitu Permanence, Pervasiveness, serta Personalization.
Copyrights © 2022