Khazanah: Jurnal Mahasiswa
Vol. 14 No. 1 (2022): Khazanah: Jurnal Mahasiswa

PERAN RELIGIUSITAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MAHASISWA

Azzah Afifah Arsa (Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)
Nadia Farah Adiba (Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)
Min Min Khati Dzilkaromah (Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)
Hakim Bachtiar Amien (Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)
Hazhira Qudsyi (Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

ABSTRAKPandemi Covid-19 sejak setahun lebih yang lalu tak surut di Indonesia. Karena itu, sebagian besar aktivitas masih dilakukan secara berani terutama di bidang Pendidikan yaitu sistem pembelajaran berani yang memiliki dampak penurunan motivasi belajar. penelitian terhadap 50 mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut menghasilkan pengaruh yang signifikan antara sistem pembelajaran berani dengan motivasi belajar pada mahasiswa. Tanpa adanya motivasi, mahasiswa tidak dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik sehingga mempengaruhi prestasi yang akan dicapainya. Motivasi yang rendah tentunya harus segera ditingkatkan oleh mahasiswa agar tidak menurunkan prestasi yang dicapainya. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memaparkan salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar berani pada mahasiswa yaitu melalui peran religiusitas. Penulis menggunakan metode pendekatan pendekatan literatur terhadap berbagai jurnal terkait motivasi serta peran religiusitas. Studi literatur yang dilakukan memberikan hasil bahwa religiusitas berkorelasi positif dengan motivasi belajar bahkan motivasi untuk berprestasi. Religiusitas sebagai kematangan seseorang dalam perilaku beragama menjadi pendorong atau motivasi dalam mengarahkan, termasuk perilaku belajar. Dalam menerapkan religiusitas, pihak yang memiliki kontribusi besar adalah lingkungan terdekat dari individu tersebut, lingkungan keluarga. Langkah yang dicapai untuk menerapkan peran religiusitas agar motivasi belajar meningkat adalah dengan meningkatkan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang nantinya akan membentuk determinasi diri siswa. Peran religiusitas ini sangat efektif untuk diterapkan pada mahasiswa dalam meningkatkan motivasi belajar berani sehingga prestasi mahasiswa pun meningkat. Mahasiswa diharapkan turut meningkatkan religiusitas selama pembelajaran daringagar peran dari religiusitas tersebut tetap menyala dan pembelajaran berani selama masa pandemi akan tetap berjalan dengan baik. Kata Kunci: motivasi, belajar, religiusitas, mahasiswa

Copyrights © 2022