SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 2 No. 3 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA MASA PANDEMI MELALUI PENERAPAN PRAKTIKUM SEDERHANA DI KELAS 7C MTs N 4 KLATEN

BINTI NASHIROTUN (MTs N 4 Klaten)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

This study aims to determine (1) the simple science practicum process (2) whether the simple science practicum can increase interest in learning science on acid-base materials. The research was carried out at MTs N 4 Klaten class 7C for the academic year 2020/2021 with research subjects science teachers and students in class 7C, consisting of 28 students. This research, classified as classroom action research, consists of two cycles, each cycle consists of two meetings, and each meeting consists of 4 stages (1) planning (2) action (3) observation (4) reflection. The results of the study were processed by triangulation techniques of data from practicum results, daily tasks, and questionnaires to increase interest in learning science after students carried out science experiments on acid-base materials independently at home using simple materials and tools taken from the environment. The increase in interest in learning can be seen from the increase in student craftsmanship in sending daily assignments during learning during the pandemic. From the results of the study, it was proven that the application of a simple practicum in science learning on acid-base material could increase students' interest in learning. 90% of 7C graders send daily assignments on time, and better answer quality. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses praktikum IPA sederhana (2) apakah praktikum IPA sederhana dapat meningkatkan minat belajar IPA materi asam-basa. Penelitian dilaksanakan di MTs N 4 Klaten kelas 7C tahun pelajaran 2020/2021dengan subyek penelitian guru IPA dan siswa kelas 7C, terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini, tergolong jenis penelitian tindakan kelas, terdiri dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap (1) perencanaan (2) tindakan (3) obsevasi (4) refleksi. Hasil penelitian diolah dengan teknik triangulasi data hasil praktikum, tugas- tugas harian, dan angket peningkatan minat belajar IPA setelah siswa melakukan praktikum IPA materi asam-basa secara mandiri di rumah menggunakan bahan dan alat sederhana, yang diambil dari lingkungan. Peningkatan minat belajar dilihat dari peningkatan kerajinan siswa dalam mengirim tugas –tugas harian selama pemebelajaran dimasa pandemi. Dari hasil penelitian terbukti bahwa penerapan praktikum sederhana dalam pembelajaran IPA materi asam-basa, dapat meningkatkan minat belajar siswa. 90% siswa kelas 7C mengirim tugas harian tepat waktu, dan kualitas jawaban yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...