Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif

STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN INVESTASI DI KABUPATEN LEBAK

Afina Putri Vindiana (Institut Teknologi Indonesia)
Mutiara Eka Puspita (Institut Teknologi Indonesia)
Katri Widayani (Institut Teknologi Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

ABSTRAK Peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dapat diwujudkan melalui pembangunan daerah. Akan tetapi, biaya pembangunan yang tidak sedikit sering menjadi penghambat pembangunan tersebut. Hal ini mendorong adanya kebutuhan penanaman modal untuk daerah dalam rangka mempermudah realisasi pembangunan daerah yang merangsang pertumbuhan ekonomi daerah. Strategi promosi investasi harus disusun lembaga investasi daerah sebagai upaya menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut. Pada penelitian ini, disusun strategi promosi investasi untuk Kabupaten Lebak melalui kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal Kabupaten Lebak yang dapat dilakukan Kabupaten Lebak untuk menarik investor. Penelitian dilakukan secara kualitatif melalui survey, wawancara terhadap masyarakat Kabupaten Lebak dan pemerintah daerah, serta studi literatur berdasarkan penelitian terdahulu dan dokumen peraturan pemerintah. Hasil penelitian ini merumuskan bahwa strategi promosi investasi yang dapat dilakukan oleh Kabupaten Lebak terdiri dari visi misi, tujuan dan strategi, piagam klien, penentuan posisi kompetitif dan pembentukkan citra, penentuan fokus strategi sektor unggulan, serta kegiatan pemasaran dan promosi. Hasil penelitian berupa susunan strategi promosi investasi Kabupaten Lebak ini dapat dijadikan acuan bagi program strategi promosi investasi daerah lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan investasi di daerah tersebut. Kata kunci: investasi, pembangunan daerah, strategi promosi ABSTRACT Increasing regional economic growth could be accomplished through regional development. However, the high cost that regional development takes usually inhibits the regional development itself. This leads to an increasing need of regional investment to facilitate the realization of regional development that stimulates the regional economic growth. Investment promotion strategy has to be planned by regional investment institution as a mean to attract investors to invest on the region. This study determined the investment promotion strategy for Kabupaten Lebak in collaboration with Kabupaten Lebak Investment Institution. The investment promotion strategy could be applied by Kabupaten Lebak to attract the investors. This study was conducted using qualitative method through survey, interviews with citizens of Kabupaten Lebak and the regional government, as well as literature study from previous research and government’s legislations and regulations. The results of this study show that the investment promotion strategy that Kabupaten Lebak could apply consists of: vision and mission, goals and strategy, client charter, competitive positioning and image branding, determining the strategic focus of the leading sectors, and marketing and promotion. The arrangement of investment promotion strategy that Kabupaten Lebak undertakes could be a reference to other regions in terms of planning investment promotion strategy for increasing their regional investment growth.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis ...