Kemampuan bahasa merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan anak, yakni kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompok sosial. Melalui berkomunikasi beberapa sasaran khusus akan tercapai untuk mendorong mereka bisa mengemukakan sesuatu melalui perasaan, melalui buku - buku dan bahan bacaan lainnya. Tetapi pada penelitian kali ini, peneliti memakai objek penelitian meliputi bermain kofabar (kotak alphabet dan gambar). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media permainan edukatif terhadap kemampuan Bahasa anak usia dini pada kelompok A di RA Darurrohim Al Hasan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dapat dilakukan secara optimal, yakni dengan memberikan kegiatan edukatif dan menyenangkan supaya anak didik selama melakukan pembelajaran daring atau dari rumah tidak mengalami kejenuhan.
Copyrights © 2022