Pendidikan multikultural yang memiliki esensi untuk mengedukasi tentang bagaimana kita memahami dan menerima keanekaragaman sebagai suatu keniscayaan, oleh hal ini dirasa tepat ketika nilai-nilai pendidikan multikultural ditanamkan pada setiap mata pelajaran, termasuk mata pelajaran PAI yang merupakan sendi pokok pengetahuan yang membentuk kepribadian seseorang. Hal ini membuat penulis ingin meneliti bagaimana penanaman dan dampak dari penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa di SMP Negeri 15 Samarinda. Metode digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu Kepala SMP Negeri 15 Samarinda, Guru PAI dan siswa SMP Negeri 15 Samarinda yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kredibilitas dan juga menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan, dalam melakukan penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural guru memakai metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pembiasaan dan keteladanan. Hasil penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa yaitu munculnya sikap toleran, saling menghormati, gotong royong dan tidak bermusuhan satu sama lain.
Copyrights © 2022