Obor: Oikonomia Borneo
Vol. 3 No. 1 (2021): April

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Pada Tahun 2017-2020)

MIRNAWATI (UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA)
MUHAMMAD ASTRI YULIDAR ABBAS (UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA)
Reslianty Rachim (UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan farmasi dengan mewakili Return On Equity dan Return On Asset pada perusahaan faermasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu mengumpulkan, mengolah, menyederhankan, menyajikan dan menganalisis laporan keuangan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility sebagai variabel Independen dan Return On Equity serta Return On Asset sebagai variabel dependen. serta menggunakan alat analisis statistik dengan bantuan program Excel dan program komputer SPSS ver. 22 untuk mengetahui pengaruh dan hubungan masing-masing variabel. Dari hasil penelitian pertama, diketahui bahwa pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan yaitu Return On Equity berpengaruh negatif signifikan yang dimana hipotesis yang diajukan sehingga H₁ ditolak, sedangkan hasil penelitian kedua, diketahui bahwa pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan Return On Asset tidak berpengaruh signifikan yang dimana hipotesis yang telah diajukan sehingga H₂ ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

oikonomia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Oikonomia Borneo (OBOR) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan April (periode November-April) dan Oktober (periode Mei-Oktober). Jurnal diterbitkan sebagai media untuk ...